THE HURT LOCKER


You'll know when you're in it.-the hurt locker


Rasa penasaran saya akan film pemenang Oscar 2010, The Hurt Locker akhirnya terjawab sudah. Akhirnya Rebo kemaren (10/03) kesampaian juga niat untuk nonton tu film.


Film ini menceritakan tim penjinak bom US Army yang sedang bertugas di Irak. Di sini,Irak digambarkan sebuah tempat yang gersang dengan sebagian rumah penduduknya berupa puing-puing hasil perang. Mungkin bila tidak disebutkan di mana lokasi film tersebut, penonton akan menganggap seperti di daerah konflik lain, dimana memang tentara amerika suka ikut campur.

Well, singkat cerita, layaknya dalam kondisi perang, semua diliputi ketegangan dan minim rasa aman. Bom bertebaran dimana-mana; di tengah pemukiman, di tengah jalan, di mobil, bahkan ditanam di dalam tubuh seseorang. Tugas penjinak bom itu adalah untuk menggagalkan pesta bom tersebut.


Menurutku film ini sangat bersudut pandang Amerika dan belum jauh-jauh dari kisah munculnya seorang hero. Penulis skenarionya sepertinya tak terlalu ambil pusing akan berlabuh dimana kesimpulan penontonnya. Entah akan menjadi simpati pada nasib tentara Amerika, melihat warga Irak sebagai pihak yang tak berdaya dan terkesan tak peduli dengan keamanan negerinya, atau sibuk mencari siapa sebenarnya yang dimusuhi dan alasan mengapa tentara Amerika ada di sana.

Keliatannya penulis skenario tidak ingin terlibat terlalu dalam tentang bagaimana kondisi Irak itu sebenarnya.Dia menggambarkan Irak secara kasat mata saja dan itu tadi, hanya dari sudut pandang 3 tentara anggota tim penjinak bom. Menurutku, penulisnya tidak melihat dari sudut pandang rakyat Irak bahkan mungkin dari penyebab adanya tim penjinak bom itu sendiri, yaitu para pemasang bom. Jadi akhirnya penonton hanya bisa menarik kesimpulan pada taraf yang minimal dan tidak menyeluruh.

Itu terlihat karena sampai akhir pun, sepertinya tidak ada ending atau kesimpulan yang bisa diambil. Ketidakjelasan itu,dalam skala kecil, mungkin pada kehidupan si hero, si penjinak bom nekat, William James,yang sampai akhir cerita, menurutku dia terkesan telah mencintai profesinya sebagai penjinak bom dan tak begitu memikirkan anak istrinya yang ia tinggalkan berbulan-bulan bahkan kadang terbilang tahun. Sedangkan ketidakjelasan dalam skala besar, layaknya dalam realita, sepertinya nasib Irak yang tak ada berkesudahannya dari derita perang dan ancaman bom, belum akan berakhir dalam waktu dekat*jadi inget berita-berita bom bunuh diri di Irak tempo hari.

Kekuatan latar belakang, alur cerita,serta emosi yang coba untuk dimunculkan menurutku kurang. Pokoknya, kurang emosional dan mengakar. Istilahnya, dramanya setengah mateng. Yang dikedepankan di sini adalah ketegangan dan off course, efek-super-film-budget-gede-buatan-Hollywood. Mungkin suasana dramatis yang paling bikin merinding dan ter-wow-wow adalah adegan si Billy menjinakkan bom siap meledak dari perut mayat bocah lelaki yang dikenalnya dan adegan penyelamatan seorang pria Irak yang dipasangin bom waktu.Serius, walau terdengar sadis, tapi efek pas pria itu meledak keren banget.


Kekuatan film ini adalah teknik pengambilan gambarnya yang outstanding dan didukung oleh sound yang mantab pula. Tapi di atas itu semua, two thumbs up buat ke-cihuy-an si pembuat film dalam membuat suasana dramatis bercampur ketegangan saat proses penjinakan bom. Beeh….keren. Hollywood memang paling bisa dalam hal begituan.

Mungkin itu yang membuat film ini menang 6 piala oscar: Best Achievement in Directing,Best Achievement in Editing,Best Achievement in Sound,Best Achievement in Sound Editing,Best Motion Picture of the Year,dan Best Writing,Screenplay Written Directly for the Screen.*buanyak yaaa... Mungkin The Hurt Locker menandai era baru film perang Hollywood. Ya, sebuah film yang layak ditonton. Saya mengapresiasi film ini dengan memberi poin 4 dari 5 bintang.



foto:google
2 Responses
  1. Anonim Says:

    Howdy! Would you mind if I share your blog with my myspace group?

    There's a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Many thanks
    My site: sbobet 666



Posting Komentar