Go digital,Go disco,Rocks the dance floor!


Apakah kamu termasuk orang yang sedang familiar dengan lagu-lagu dengan musik digital tekno dance?Baik, kalau begitu kita berada di jalan yang sama. Apabila belum menangkap maksud saya, simpelnya seperti ini: pernah dengar musik macam Owl City,Metro Station,Cashcash, Forever The Sickest Kids, A Love Like Pi, Eleventy Seven? Atau di Indonesia yang terkenal seperti Goodnight Electric,The Upstairs, Pee Wee Gaskins, Discomojoyo atau SKJ 94?Ya, musik macam itu yang saya maksud.


owl city

cash cash

Rupanya musik macam itu sedang jadi tren sekarang ini. Apapun aliran musik yang menjadi basis band-band itu, entah rock,pop, dance, atau fushion, mereka memiliki benang merah, yaitu sentuhan digital. Benar-benar makin canggih musik sekarang ini. Lagu berirama cepat, ada sentuhan tulat tulit dari perangkat digital dan beat yang tidak biasa membuat suasana hati jadi bergairah. Let’s jump and dance everybody!

Meskipun sedang tren di kalangan anak mudanya, tapi ternyata musik macam ini belum begitu mengena di ranah industri musik major di Indonesia. Lagu-lagu yang populer di media massa masih di sekitaran pop melayu atau pop-rock. Saya sendiri, pertama kali terkena demam music digital ini dari kegemaran saya live streaming music terbaru di Myspace dan dengar dari radio sesekali. Biasanya musik macam ini diusung oleh band-band dengan nama yang aneh, yang beberapa sudah saya sebutkan tadi. Band-band ini kebanyakan masih indie dan menjadikan Myspace sebagai media menggalang fans atau mungkin juga untuk menarik perusahaan rekaman major. Tak sedikit band-band Myspace jadi major dan terkenal karena sering di streaming lagu-lagunya , seperti halnya Youtube, yang mengorbitkan orang-orang macam Justin Bieber atau Moymoy Palaboy.

Tak ayal lagi, rupanya music digital dance elektronik sedang mewabah di kalangan band-band teenagers, at least, di barat sono. Mau tidak mau,seperti kesetrum, teenagers dalam negeri yang menjadikan musik barat sebagai tempat kiblatnya tak kuasa ikut arusnya juga. Pokoknya tren musik anak muda sini and sono berhubungan positif deh! (Untuk hal ini mungkin perlu penelitian lebih lanjut =P)

Anyway, menurutku ini adalah bagian dari kebangkitan musik dance dan disco. Namanya juga tren, musik macam ini juga merupakan pengulangan saja. Ini adalah pengulangan era keemasan disco dengan pengembangan di segi teknologi tentu saja. Dengan sampul lebih modern, musik ini akan mendobrak pakem musik yang selama ini mendominasi. Mungkin ini merupakan ekspresi untuk tahun 2010 yang optimis dan ceria.Who knows?

Labels: , edit post
0 Responses

Posting Komentar